Cuci Tangan Pakai Sabun

Posted by Ichsan Jufri on 01 September 2011


Cuci Tangan Pakai Sabun- salah satu kebiaasaan sehat yang harus ditanamkan sejak usia dini pada anak adalah dengan mengajarkannya mencuci tangan tangan dengan menggunakan sabun sebelum makan. Terkadang, seorang anak setelah melakukan aktifitas bermain atau aktifitas apapun jarang mencuci tangan padahal media perpindahan bakteri dari satu tempat ke tempat lain adalah dengan menggunakan tangan.  Karenanya, memiliki kebiasaan sehat berupa cuci tangan pakai sabun (CTPS) sangatlah penting, terutama saat kita ingin memegang makanan serta mengonsumsinya. Cuci tangan dalam fungsinya tak hanya memberikan esensi kebersihan. Lebih dari itu, cuci tangan menjadi proteksi awal terbunuhnya kuman di tangan Anda yang menjadi kunci penyebaran penyakit.

Tangan bersih; InsyaAllah Tubuh Sehat


Tangan sebagai mediator untuk memasukkan makanan ke mulut memang menjadi alat utama yang perlu selalu dijaga kehigienisannya. Karenanya, kebersihan tangan Anda setiap waktu adalah hal utama yang membuat tubuh Anda tetap sehat.

Dr dr H Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB, Spesialis Internist; Gastroenterologist mengatakan, berpindahnya satu bakteri dari satu tempat ke tempat lain dipengaruhi oleh kebersihan tangan kita.

Karenanya, memiliki kebiasaan sehat berupa cuci tangan pakai sabun (CTPS) sangatlah penting, terutama saat kita ingin memegang makanan serta mengonsumsinya.

"Mencuci tangan pakai sabun merupakan salah satu cara efektif untuk memutus rantai penyebaran penyakit yang disebabkan oleh kuman," lanjutnya.

Menyoal cuci tangan, hal utama yang perlu diperhatikan yakni cara melakukannya. Pasalnya, mencuci tangan dengan cara yang benar tentu akan memberikan efektivitas kesehatan secara maksimal.

Lantas, bagaimanakah cara mencuci yang baik dan benar?


"Pada prinsipnya seluruh tangan harus terkena semua. Jadi, basahi dan usap secara merata mulai dari telapak, sela jari dan punggung jari di bawah air mengalir dan basuh dengan sabun. Idealnya, tutuplah kran dengan siku Anda atau paling tidak alasi tangan Anda dengan tisu untuk menutupnya kembali. Ini untuk mengantisipasi agar tangan Anda tetap bersih," tutupnya.

{ 1 comments... read them below or add one }

Post a Comment

terimakasih atas komentar dan kunjungan anda
salam admin ichsan el jufri blog