bantimurung objek wisata terbaik di sulawesi selatan

Posted by Ibn on 01 December 2011

Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan, ehem.. test satu.. dua... sebelum saya memulai bercerita dan menuliskan tentang Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan ada baiknya saya memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya buat teman, sahabat, para inisiator kreatif di Komunitas Blogger Maros, para anre gurutta dan sahabat saya ansari, kanda ilham, kanda manjilala, kanda uak senaTuan Muda Presiden Touya, yhudiyuba gunandar azikin dan yang tidak sapat saya sebutkan satu persatu. 
Akhirnya Komunitas Blogger Maros (KBM) menyelengarakan Lomba SEO yang pertama. Lomba  SEO Keyword bertemakan "Bantimurung Objek wisata Terbaik di Sulawesi Selatan " semoga lomba SEO ini dapat memotivasi para blogger maros untuk lebih BAIK di masa yang akan datang. Hampir  lupa "ngucapin" terimakasih kami kepada mba rika, mas gempur dan kanda senior Amriltg yang sudah memberikan kontribusi positifnya terhadap perkembagan dunia "perbloggan" terkhusus di kabupaten Maros. 
Dengan ucapan Bismillahirahmanirahim Lomba SEO Keyword  Komunitas Blogger Maros (KBM) secara resmi di laksanakan mulai tanggal 01 Desember 2011 sampai dengan 01 Januari 2012 (untuk informasi aturan, hadiah,dan terkait dengan itu akan di publish di blog bloggermaros.com) selamat berlomba; junjung tinggi sportifitas say no to plagiatism.... [anggapmi bedeng ini pidatona ansari tadi siang di dg. te'ne].

Sobat Sudah pernah menyaksikan air terjun bantimurung?  sobat  sudah pernah liat kupu-kupu yang beterbangan [kesana kemari, mondar mandir  kayak seterikaan]   disekeliling kita ? atau merasakan udara segar tanpa polusi sepanjang hari?  atau berwisata alam ke Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN. BABUL) ? kalau jawabannya adalah Belum, silahkan menyimak tulisan mengenai Bantimurung Objek wisata Terbaik di Sulawesi Selatan 
maaf... besok aja yah dilanjutin cerita batimurungnya dah jam 4 subuh gan... tapi suwer bro BantimurungObjek wisata Terbaik di Sulawesi Selatan dan tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan..
Alhamdulillah setelah shalat jum'at, disela-sela jam istirahat kantor ada kesempatan menyelesaikan cerita bantimurung semalam.

Sejarah singkat Bantimurung Objek wisata Terbaik di sulawesi selatan

Menurut sejarahnya Bantimurung berasal dari dua kata dalam bahasa Bugis halus. kisahkan dalam suatu cerita rakyat setempat bahwa air terjun tersebut ditemukan oleh Karaeng Simbang, bersama pengikutnya. Karena suara air terjun yang menderu-deru, Karaeng Simbang menamakan air terjun itu dengan cara menggabungkan dua kata "benti" yang berarti air dan "merrung" yang artinya bergemuruh. Seiring perkembangan jaman dan bahasa setempat, Bentimerrung lama kelamaan dilafalkan menjadi Bantimurung. Pada zaman penjajahan belanda pun bantimurung sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan, peneliti dalam dan luar negeri.

Bantimurung Objek wisata Terbaik di Sulawesi selatan

Saat ini Taman wisata bantimurung berada pada areal Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung TN.Babul) Taman nasional ini ditunjuk menjadi kawasan konservasi atau taman nasional berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan tanggal 18 Oktober 2004. Terletak di kabupaten Maros propinsi Sulawesi Selatan (-+ 50 km dari kota makassar, dan -+12 km dari kota kabupaten Maros) dengan luas 43.750 Hektar. Selain air terjun Di areal Taman Nasional Bantimurung bulusaraung, ada beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi, seperti Museum Nasional Kupu-kupu, Gua Batu dan Gua Mimpi, Cagar Alam Bantimurung, Taman Wisata Gua Pattunuang, Cagar Alam Karaenta serta Gua purbakala leang-leang, biseang labboro, salukang kallang dan Waterboom yang masih dalam tahap pengembangan. Untuk menikmati keindahan tersebut pihak pengelola memberikan tarif Rp.10.000,- untuk turis lokal dan Rp. 20.000,- untuk turis asing (sudah termasuk asuransi kecelakaan bro). Harga tersebut tidak termasuk jika pengunjung ingin didampingi oleh pemandu yang akan mengatar berkeliling, tarif yang dikenakan pun berpariatif antara 50 sampai 100 ribu tergantung  pedekate dan lobi-lobi antara pengunjung dan pemandu.

waterfall bantimurung

Air terjun dan permandian alam Bantimurung adalah salah satu obyek wisata alam di Sulawesi Selatan yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri. Dengan lebar lebih kurang 20 meter dan ketinggian 15 meter dikelilingi hijaunya pepohonan yang tumbuh menjulang tinggi semakain menambah keindahannya dipandang mata karenanya kurang afdol rasanya jika berkunjung ketempat ini tanpa mengabadikan moment bersejarah ini.

kingdom of butterfly
bersama teman2 kantor di bantimurung
Nama lengkapnya Alfred Russel Wallace, asal Inggeris (1856) seoorang zoology menamakan Bantimurung sebagai The Kingdom of Butterfly, karena di kawasan ini terdapat berbagai jenis dan spesies kupu-kupu. dalam penelitiaannya Wallace menemukan sekitar 270 jenis kupu-kupu (butterfly) di kawasan Bantimurung. menurutnya jumlah ini merupakan 10,8 persen dari jenis kupu-kupu yang ada didunia saat itu. olenya itu, Bantimurung juga disebut sebagai Taman kupu-kupu terlengkap di dunia. pemerintah daerah kabupaten maros sedang berupaya melakukan penangkaran untuk menjaga kelestarian kupu-kupu dari ancaman kepunahan. Bagi sobat yang pernah berkunjung ke bantimurung di pintu masuk Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN. BABUL), ribuan kupu-kupu Kupu-kupu awetan akan menyambut Anda. Sayap-sayap indah terkembang, dalam bingkai, terpajang di kios-kios suvenir cendera mata yang digemari para pengunjung, harga yang ditawarkan berpariasi mulai 10ribuan sampai 500ribuan tergantung jenis kupu-kupu dan kualitas bingkainya.
Seolah berada dalam mimpi
Di kawasan ini juga terdapat beberapa Gua salah-satunya yaitu Gua Mimpi, mengapa dikatakan gua mimpi? sebab jika kita berjalan menyusuri gua sepanjang 1500 meter kita akan terkesimak dengan kilauaan ornamen-ornamen stalakmit dan stalaktit yang menakjubkan. untuk bisa menikmati keindahan dalam gua kita harus mempersiapkan stamina yang cukup prima. hal ini disebabkan karena kita harus berjalan kaki -+ 500 meter dengan medan pendakian berbatu yang cukup terjal. jangan heran jika ditengah perjalanan kita menemukan tempat peristirahatan, sejenak untuk memulihkan stamina yang loyo.  Tiba di mulut gua, biasanya kita akan disambut oleh beberapa orang penduduk sekitar yang juga mengais rezeki dengan mempersewakan alat penerangan berupa senter. Tarifnya pun bervariasi mulai dari harga 20ribu hingga 35ribuan perbuah. (konon tarif sewa senter ini didasarkan pada klasifikasi usia, status dan pendidikan pengunjung. silahkan melakukan observasi lapangan).

Kawan, gambaran tentang keindahan bantimurung diatas tidak akan pernah tuntas untuk dituliskan dengan satu, dua postingan.sebab bantimurung menyimpan banyak cerita, dan kenangan manis bagi setiap orang yang pernah berkunjung. saya pun yakin diantara mereka yang pernah menginjakkan kaki di batimurung sepakat dengan saya bahwa bantimurung Objek wisata Terbaik di Sulawesi selatan bahkan dunia [elj]

sumber hasil pengkajian dan observasi lapang post by ichsaneljufri.blogspot.com

{ 10 comments... read them below or add one }

Anonymous said...

menarik tapi blum tuntas gan...

manjilala said...

heba' :)

Alfiyan Personal Blog said...

Menarik... Kunjungi juga ya blog ane dan jangan lupa follow + tinggalkan komentar !
Salam sukses blogger :D

Anonymous said...

mantap....

malen said...

bantimurungta jie...

IHSYAH said...

Bantimurung memang asyik..

GM said...

saya suka kupu-kupunya bantimurung

Menembus Batas Nalar said...

saya suka pidatonya....

Anonymous said...

i like this...

Store Airsoft said...

Store Airsoft menyediakan alat olah raga, hobby, airsoft, airgun, air rifle, air pistol, hunad gun, hunting dan berbagai alat keamanan pribadi.

Senapan Angin Inport
>> Weihrauch HW100s .22 Rp.10.900.000,-
>> Weihrauch HW97K .22 Rp.10.900.000,-
>> Tx200hc walnut 177 Rp.10.900.000,-
>> Sam Yang Sumatra 2500 177 Rp.12.900.000,-
>> HW99 177 Rp.8.500.000,-
>> Evanix Giant .22Rp.11.900.000,-

Rifle
>> Tikka T3 Varmint Stainless Rp17.800.000,-
>> Ruger 10 22 Rp16.500.000,-
>> REMINGTON MODEL 770 SPORTSMAN Rp17.000.000,-

Airgun
>> Smith & Wesson M&P R8 Rp3.000.000,-
>> Baikal Makarov Rusia .177 Rp4.000.000,-
>> Gamo PT-85 Rp2.900.000,-
>> Airgun Jericho 941 Rp.1.500.000,-
>> Colt Defender Rp2.700.000,-

Handgun
>> Makarov by Rusia 9mm Rp8.700.000,-
>> Heckler & Koch P30Rp7.000.000,-
>> Revolver S&W Chief Special 38 Rp6.500.000,-
>> Beretta PX-4 Stom 9mm Rp8.000.000,-
>> Glock 17 Gen4 Rp7.000.000,-

DONI SASS
Telepon: 085211191459.
NB:. Kami Tidak Menerima Kunjungan Langsung
No COD (KHUSUS utk pelanggan Baru) harap maklum ...

PENTING!! HARAP DIBACA :
Sekedar bertanya-tanya via YM (r01071979) saja.., sebelum menghubungi seller pikir dulu matang-matang, dan gambar bisa lihat di thread ini saja,semua sudah dijelaskan secara detail. tanyakan seperlunya,,

Post a Comment

terimakasih atas komentar dan kunjungan anda
salam admin ichsan el jufri blog