Kajian Surah #alKahfi ayat 60-82

Posted by Ibn on 26 June 2013

#Kultweet dari  PencintaQuran Surah #alKahfi ayat 60-82 semoga mencerahkan : BismillahirRahmaanirRahiim, 
kita mulai ngaji kandungan Surah #alKahfi ayat 60-82, ttg Kisah NabiMusa #belajar pd NabiKhidir,

1)"Kami ceritakan kpdmu (Muhammad) KISAH terbaik dg wahyukan alQuran ini padamu."(12:3) mari simak sebaik-baik kisah :) | #belajar
2)Di antara 4 kisah yg mmesona dlm surat #alKahfi adlh kisah Nabi Musa belajar kpd Khidhir, | #berani

3)Nabi Khidr manusia biasa yg derajatnya di bawah Nabi Musa yg termasuk salah satu dari 5 Rasul ulul azmi. | #belajar

4)Dlm kisah ini kita akan mnyksikan ksungguhan seorang Nabi yg terus #belajar. Seorang Nabi ya, kita? Harusnya lebih giat!

5)Latar belakang yg mendorong Nabi Musa kmbali #belajar terdpt dlm hadits nabi, shahih bukhari 4725...

6)adalah saat seorang dari kaumnya bertanya saat NabiMusa sedang berkhutbah, "Siapa manusia yg paling berilmu?” | #belajar

7) NabiMusa mnjawab, “Saya yg paling berilmu.”Atas perkataan inilah Nabi Musa ditegur Allah Swt dg diperintah u/ #belajar lg pd ssorang

9)Allah Swt menegur NabiMusa krna tidak MENGEMBALIKAN ilmunya kpda-Nya. | #belajar

10)Allah mewahyukan padanya bahwa di tempat pertemuan 2 lautan ada seorang hamba shalih lebih berilmu dr Nabi Musa.| #belajar

11) Akhirnya, Nabi Musa bersama pembantunya, yaitu Yusya’, pergi mengarungi lautan, hanya untuk #belajar ilmu yg tidak diketahuinya,

12)Simak keteguhan Nabi Musa untuk #belajar, padahal saat itu jabatannya seorang Nabi. AlQuran merekam kekuatan tekadnya..

13)"Musa brkata pd pembantunya, 'Aku takkan BERHENTI sblum smpai k prtemuan 2Laut: atau aku akan BERJALAN BERTAHUN-TAHUN."(18:60) #belajar

14) Untuk alasan #belajar Nabi Musa berani melakukan perjalanan jauh, dan takkan berhenti hingga tujuannya tercapai!

15)Kata "huquba/bertahun-tahun" Menunjukan cita2 yg kuat, bukan saja ktrangan waktu scara khusus. | #belajar

16)Kisah perjalanan ini pun diabadikan oleh Allah dlm #alKahfi 60-82. Hanya 23 ayat, ttpi pelajaran yg trkandung di dlmnya bgitu berharga

17)"Maka tatkala mrka smpai ke pertemuan 2lautan itu, mrka lalai akan ikannya, lalu ikan itu mlmpat mngambil jalannya ke laut itu."(18:61)

18)sblum mlakukan prjalanan Allah ilhamkan u/bawa ikan, hingga saat ikan itu berjalan di tmpat brtmunya 2Lautan..| #belajar

19)..Di situlah hamba shalih yg akan mengajari NabiMusa itu berada..| #belajar

20) Perjalanan ditempuh dg jauhnya. Hingga saat mereka berdua hendak istrahat dan mmbuka perbekalan, pembantunya baru ingat..| #belajar


21)"sungguh aku lupa (ceritakan ttg) ikan itu & tidak adalah yg melupakan aku untuk menceritakannya kecuali setan.."(18:63)| #belajar

22)"...dan ikan itu mengambil jalannya ke laut dengan cara yang aneh sekali.”(18:63) ini salahsatu mukjizat NabiMusa..| #belajar

23)Sehingga diketahui tmpat yg dijanjikan untuk bertemu dg hamba shaleh tsb..| #belajar

24) (18:64) Musa berkata: “Itulah (tempat) yang kita cari”. Lalu keduanya kembali, mengikuti jejak mereka semula.| #belajar

25) Lalu mereka kmbali ke tmpat ikan itu lepas, dan bertemulah dg hamba shalih yg dikaruniai ilmu Allah agar #belajar pdnya (lihat 18:65)

26) Simaklah ketinggian akhlaq NabiMusa dlm adab #belajar pada NabiKhidr, penuh kesantunan dan tawadhu'..

27)“Bolehkah aku mengikutimu spya kamu ajarkan kepadaku ilmu yg benar di antara ilmu2 yang telah diajarkan kepadamu?”(18:66)| #belajar

28) NabiMusa memohon penjelasan pmahaman tnpa MEMAKSA & ia mencari ilmu yg dpt mmberikan petunjuk dr hamba saleh yg alim itu| #belajar

29) Nabi Khidr menjawab, “Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sanggup sabar bersamaku.. (18:67)| #belajar

30) Sabar menjadi syarat utama dlm #belajar. Bahkan ini pula tantangan untuk Nabi Musa.

31) NabiMusa meyakinkan hamba shalih itu, "InsyaAllah kau akan mendapatiku sbg seorang sabar&aku takkan menentangmu dlm apapun."(18:70)

32) Syarat selajutya, “Jika kamu mengikutiku, maka janganlah kamu menanyakan kepadaku tentang sesuatu apa pun...| #belajar

33) ..sampai aku sendiri menerangkannya kpdmu”.(18:70). Inilah syarat #belajar dari hamba shalih itu pada Nabi Musa, lalu disanggupinya..

34) Keduanya lalu memulai perjalanan, dan disinilah 3 peristiwa aneh terjadi. Kesabaran Musa diuji.. | #belajar

35) "Maka berjalanlah keduanya, hingga tatkala keduanya menaiki perahu lalu Khidhr melobanginya. Musa berkata.." (18:71)| #belajar

36) “Mengapa kau lobangi perahu itu yg akibatnya menenggelamkan penumpangnya?” Sungguh kamu tlah brbuat sesuatu kesalahan besar.(18:71)

37) Di sini hamba shalih itu mengingatkan Musa, “Bukankah aku tlah berkata, ‘Sungguh kamu takkan sabar brsama dg.” (18: 72)| #belajar

38)Pertanyaan Nabi Musa yg pertama ini dikarenakan dia lupa, lalu mereka lanjutka perjalanan. Hingga bertemu seorang anak | #belajar

39) Nabi Khidr menidurkan&menyembelihnya. Di sini Nabi Musa tak sanggup untuk bersabar terhadap apa yang dilihatnya..| #belajar

40)“Mengapa kamu bunuh jiwa yg bersih, bkan krn dia bunuh orang lain? Sungguh kau tlah melakukan sesuatu yg munkar.” (18: 74)| #belajar

41) Hamba shalih mejawab,“Bukankah sdh aku katakan bhwa sungguh kamu takkan dpat bersabar bersamaku?” (18:75)| #belajar

41)Nabi Musa dg jiwa kepemimpinan yg dimilikinya sudah terbiasa menimbang segala sesuatu yang dilihatnya...| #belajar

42)dlm syariatnya Nabi Musa, pmbunuhan sorang anak adlah suatu kejahatan. Musa insyafi dia tak sabar, dia minta satu ksmpatan lg #belajar

43)Tibalah di sbuah desa yg berdiri dsana sebuah rumah yg hampir ambruk, lalu Nabi Khidr memperbaiki tembok tsb..| #belajar

44) Musa berkata: “Jikalau kamu mau, niscaya kamu mengambil upah untuk itu”.(18:77). Lagi-lagi NabiMusa mengingkari janjinya | #belajar

45) “Inilah perpisahan antara aku dgmu; Aku akan memberitahukan kepadamu tujuan perbuatan2 yg kamu tak dpt sabar atasnya. (18:78)

46) Seandainya Nabi Musa bersabar menyertai hamba shalih ini, niscaya kita bisa mengetahui banyak keajaiban&keunikan yg terjadi} #belajar

47) Sekarang mari kita buka tabir hikmah dari 3 peristiwa aneh yg dilakukan hamba shalih itu| #belajar


48)Pertama: perahu yg dilubangi ia milik sorng miskin & di daerah itu ada raja lalim yg suka merampas,| #belajar

49) Maka Khidr membolonginya agar selamat dr kelaliman si raja, dan pemiliknya dpt memperbaikinya dikemudian hari| #belajar

50)Peristiwa kedua: Khidr membunuh anak, krna orgtuanya adlh pasangan yg beriman, dan jika anak ini dewasa..| #belajar

51)..Dpt mndorong orangtuanya mnjd sesat dan kufur. Kmatian anak ini diganti dg anak shalih yg lebih mngasihi orgtuanya| #belajar

52)Peristiwa yg terakhir; Khidr mmperbaiki dinding rumah yg dimiliki 2org kk beradik yatim yg tnggal di desa tsb..| #belajar

53) Di dlm rumah itu trsmpan harta bnda yg ditunjukan u/mereka berdua. Jk rumah itu dibiarkan nscy hartanya akan dirampok org2| #belajar

54)"dan bukanlah aku mlakukan itu mnurut kemauanku sndiri.Dmikianlah tujuan perbuatan2 yg kamu tak sabar atasnya."(18:62)| #belajar

55)Masya Allah, inilah samudera hikmah Khidr. Ia dibimbing Allah, diberi ilmu yg org lain tak mendapatkannya.| #belajar

56)Ilmu yg diajarkan oleh Allah ada 2; ilmu yg didapatkan sesuai dg usaha manusia, seperti usaha kita saat sekolah atau kuliah| #belajar

57) dan ilmu yg berasal langsung dari Allah yg diberikan kpd hamba yg dikehendaki-Nya, seperti yg dimiliki oleh Nabi Khidir| #belajar

58)Nabi Musa memiliki ilmu syariat, sedangkan Khidr miliki ilmu hakikat yg mempelajarinya harus bersabar| #belajar

59) Seperti saat kita ditimpa cobaan, kita diuji mencari hikmah yg ada padanya. Dlm mencarinya diperlukan kesabaran| #belajar

60)Sering kita bertanya-tanya tak sabar mengapa Allah menguji.. Cobalah sabar, dg terus memohon dibukakan pintu hikmah..| #belajar

61) Sabar memang sulit, namun tanpa sabar ujian akan semakin pelik. Saat pintu hikmah dbuka, kelapangan akan terasa.| #belajar

62) Siapa tak memiliki ksabaran, ia tak kan pernah mndapat ilmu. Sdangkan org yg sabar akan mngetahui prkara yg ingin diketahuinya.

63) Bagaimana agar sabar? Kita harus mengetahui dulu ilmu dr perintah yg diperintahkan, ketahui tujuan, buah&faedahnya..| #belajar

64) Misal, kita diperintahkan berprasangka baik »agar bisa sabar dlm mnjalankannya kita harus tahu tujuan husnudzan, faedah dan hasilnya..

65)Makanya Khidr brkata, "Bgmna kamu bersabar sedangkan kamu tidak memiliki ilmu tentangnya?" (18:68) | #belajar

66) Saat-saat kita tak sabar dg apa yg dijalani saat ini, cobalah kembali mengingat tujuan awal. Resapi ilmunya, tumbuhkan lagi kesabaran.

67) Yang harus kita yakini, buah sabar itu manis dan pahalanya tak berbatas. #belajar

69) Lalu dr kisah ini pun kita #belajar ttg ketawadhuan Nabi Musa menuntut ilmu pd seorang walaupun drajatnya di bawahnya.

70) Nabi Musa ditegur Allah krn mrasa paling berilmu. Jk kita pun merasakan demikian, itu artinya waktu yg tpat u/ kmbali #belajar

Seberapa pun ilmu yang dimiliki oleh seseorang tetaplah tidak ada bandingannya dibandingkan dengan ilmunya Allah Swt. Tak ada.
Nabi Khidr, “Demi Allah, ilmumu & ilmuku dibandingkan dg ilmu Allah hanyalah seperti yg dipatokkan burung itu dg paruhnya dari air laut.”
Belajar beradab brsama Allah, yaitu dg menisbatkan kejelekan kpd dirinya sendiri; seperti ucapan Khidir,"Aku hndak merusaknya."(18:79)
Sebaliknya, menisbatkan kebaikan kpd Allah sprt ucapan khidhir, "Supaya Tuhan mereka ganti bagi mereka dg anak lain yg lebih baik"(18:81)
Yg sering terjadi pd kita: kalau jelek nyalahin taqdir Allah, kalau bagus? Ngerasa krn atas usaha sendiri. Astaghfirullah, yuk perbaiki..
Hikmah lainnya: dlm prshbatan, jk salah sorang mlakukan ksalahan jng dtinggalkan.Toleran&berilah MAAF sprti yg dlakukan Khidr pd NabiMusa.
Menambah ilmu dan mengajarkan ilmu adalah perkara yang sama-sama penting namun MENGGABUNGKAN keduanya akan lebih sempurna.Reply RT Favorite
Skian kisah surat #alKahfi (ayat 60-82) ini. Maafkan kultwit yg panjang&lama :), smg barokah. Ada yg mau share hikmah lainnya? Monggo..

Faedah &hikmah dr kisah ini sebagian bsar merujuk pd Kitab Tafsir Taysir alKarimi arRahman fi Tafsiri Kalami l-Mannan, Syaikh AsSa'di. PencintaQuran

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

terimakasih atas komentar dan kunjungan anda
salam admin ichsan el jufri blog