KITA AKAN PULANG

Posted by Ibn on 13 January 2024

Pesan Dakwah 8 Dzulqaidah 1443M | 
By: Prof. Veni Hadju | 

Berpulangnya anaknya Ridwan Kamil, #EmmerilKhanMumtaz (23) menyentakkan banyak orang di seluruh dunia. Seorang pemuda yang memiliki masa depan yang cemerlang hilang terbawa arus di Sungai Aare, di Kota Bern, Swiss. Banyak yang tidak percaya, banyak yang meneteskan air mata dan banyak doa yang terpanjatkan. Namun akhirnya, orang tua dan kerabatnya mengikhlaskan kepergianya. Bahkan Ridwal Kamil, sang ayah, menulis sepucuk surat yang sangat menyentuh kalbu yang diberi judul "Kapan Kita Pulang."

Hidup di dunia ini seperti halnya seorang musafir yang singgah sebentar di satu tempat. Di sini tempat kita beramal, menggunakan energi dan waktu terbaik kita untuk beribadah dan bermanfaat buat orang lain. Kita tidak bisa menunda karena umur setiap orang tidak ada yang tahu. Kita harus siap setiap saat menuju tempat asal kita, tempat asal kakek kita semuanya yaitu Nabi Adam alaihissalam. Di sana kita tidak perlu lagi beramal, tinggal menikmati balasan sesuai dengan amal-amal kita. Tidak ada artinya lagi titel, gelar, pangkat, jabatan, dan harta sebanyak apapun itu.
Anehnya banyak manusia takut untuk pulang. Mereka terlanjur cinta dengan dunia ini. Mereka terlalu senang dengan rumah dan kenderaan mewahnya. Mereka sulit berpisah dengan jabatan yang dimilikinya. Mereka buta dengan kehidupan pasca dunia ini. Mereka lupa bahwa materi yang dikejar selama ini tidak akan mengekalkan hidupnya. Berlomba-lomba dengan kesenangan dunia telah melalaikan mereka.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Alhaakumut takaatsur hattaa zurtumul maqaabir. Kallaa saufata'lamuuna tsumma kalla saufata'lamuun (QS At-Takkasur 102:1-4). Artinya: Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur. Sekali-kali tidak, kelak kamu akan mengetahui akibat perbuatanmu itu, kemudian sekali-kali tidak, kelak kamu akan mengetahui.

BERSIAPLAH PULANG SEKALIPUN MASIH MUDA, APALAGI DI USIAMU YANG SUDAH MENUA.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

terimakasih atas komentar dan kunjungan anda
salam admin ichsan el jufri blog